Rabu, 24 Januari 2018

Incinerator atau Insinerator

Incinerator atau Insinerator

INCINERATOR NON B3
Pengertian
Incinerator adalah Alat pembakaran sampah yang dioperasikan dengan menggunakan teknology pembakaran dengan suhu tertentu sehingga hasil pembakaran berupa debu sangat minim, dan hasil pembakaran berupa gas ramah terhadap lingkungan.
Incinerator yang kami produksi adalah Incinerator yang penggunaannya untuk sampah tidak berbahaya seperti sampah domestik dan lainnya yang telah dipisahkan dari sampah berbahaya atau dipisahkan dari sampah bahan berbahaya dan beracun (B3).
Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dilarang dibakar adalah sampah sesuai dengan pengertian dari OSHA, Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2001, keputusan menteri kesehatan No.453/menkes/per/XI/1983, dan peraturan terbaru lainnya, tidak diijinkan dibakar, kecuali mendapat perijinan/ijin dari pihak badan berwenang.
Teknologi Incinerator
Incinerator yang kami buat adalah incinerator Single burner, double burner dan multi burner yang dilengkapi dengan water scrubber, juga dipasang cyclon untuk kasus tertentu.
Incinerator Single Burner
Teknology Incinerator Singel Burner di design untuk pembakaran sampah yang lebih ekonomis yang dikhususkan terhadap sampah organik kering Non B3, Konstruksi ruang bakar dan volume sampah kecil (firing chamber) terbuat dari bahan besi dilapis dengan glass wool atau mineral wool insulation lalu bagian dalam dilapisi lagi dengan fire brick insulation atau Castable Insulation, lantai raung bakar dilapisi dengan bata/isolasi.
Pada ruang bakar (Chamber) ini dipasang burner (alat pembakaran) yang dapat berbahan bakar minyak kerosene/diesel/gasoline atau gas LNG, LPG atau sejenisnya (dipilih salah satu).
Cara pembakaran sampah pada single burner incinerator adalah dengan memanaskan Chamber lebih dahulu sampai suhu 400 derajat celcius, lalu sampah kering NON B3 dimasukkan kedalam tungku/chamber. Setelah pintu ruang bakar (chamber) ditutup, burner dinyalakan sekitar 400-10000C.
Temperatur bakar tergantung nilai kalori sampah yang dibakar, semakin tinggi nilai kalori yang dibakar maka semakin panas suhu di chamber tersebut.
Asap yang dihasilkan sudah jernih (clear) namun kadang ada jelaga tergantung bahan sampah yang dibakar. Sebelum asap/gas keluar melalui cerobong/stack/chimney terlebih dahulu disiram dengan air (water spray) yang dinamakan water scrubber tujuannya untuk menangkap debu, perticulate, asap jelaga agar gas keluar menjadi clear.
Double Burner Incinerator
Teknologi incinerator untuk double burner adalah didesign untuk sampah domestik kering atau sampah organik kering yang tidak ada sampah B3-nya. Double burner incinerator terdiri dari dua chamber atau terdiri dari dua ruang bakar.
Konstruksi material dari ruang bakar pertama terbuat dari besi dilapis dengan glass wool atau mineral wool lalu selanjutnya dilapisi lagi dengan fire brick atau castable, bagian atas lantai bawah dilapisi  dengan bata isolasi. Ruang bakar kedua konstruksi materialnya hampir sama dengan ruang bakar pertama tanpa atau tanpa dilapisi dengan bata isolasi.
Double burner incinerator memiliki water scrubber dan cerobong asap. Pada ruang bakar pertama (1st Chamber) dipasang burner (Pembakar) dengan temperature 400 sampai 1000 derajat celcius. Hasil asap pembakaran dari ruang bakar pertama (1st Chamber)  masuk ke ruang bakar kedua (2nd Chamber) untuk dibakar ulang dengan temperature 6000C dapat mencapai 12000C tergantung kalori sampah yang dibakar, lama pembakaran pada Chamber kedua ini ± 2detik. Bahan bakar incinerator bisa di design berbahan bakar minyak atau gas (dipilih salah satu) sesuai dengan bahan bakar yang tersedia di lokasi incinerator dipasang.
Asap yang dihasilkan dari Chamber  2 / ruang bakar 2 ini sebelum keluar di spray dengan air untuk menangkap partikulete, debu, asap jelaga sehingga gas yang keluar dari cerobong  lebih jernih jika dibandingkan dengan incinerator single burner.
Terkadang di design Cyclon penangkap debu jika bahan yang dibakar mudah terbawa hembusan blower seperti debu sekam dan lain sebagainya.
Asap/gas buang sebelum masuk ke cerobong dipasang cyclon penangkap padatan.
Part Incinerator
1. Ruang Bakar - Chamber
Ruang Bakar adalah tempat benda yang akan dibakar yang dilengkapi dengan alat pembakar (Burner). Temperature diruang bakar pertama sekitar 400 derajat sampai 1000 derajat celcius. Temperature diruang bakar kedua sekitar 1000 – 1200 derajat celcius. Temperature ruang bakar juga dipengaruhi dari kalori yang dibakar. Untuk menaikkan temperature ruang bakar bisa ditambah bahan yang berkalori tinggi seperti orang batok kelapa. Waktu tinggal (residence time) gas diruang bakar kedua sekitar minimum dua detik.
2. Burner (Alat Pembakar)
Untuk membakar sampah perlu alat pembakar yang disebut juga burner. Bermacam-macam jenis burner ada yang berbahan bakar gas, minyak tanah, gasoline, solar, HSD dan lain-lain. Sebelum membuat incinerator sebaiknya di cek dulu bahan bakar burner yang tersedia.
3. Blower Udara
Dalam proses pembakaran diruang bakar memerlukan panas/api, bahan yang dibakar dan udara yang cukup.
Blower udara atau penggerak udara ukurannya disesuaikan dengan kapasitas dari incinerator.
4. Bahan yang dibakar
Bahan yang dibakar diruang bakar berbagai macam, untuk itu perlu diseleksi bahan apa saja yang bisa dibakar. Tidak semua bahan bakar dapat dibakar, ada benda yang dibakar menimbulkan gas/asap yang mencemari lingkungan. Misalnya plastik PVC bila dibakar pada temperature tertentu akan mengeluarkan dioxin atau furan yang karsinogen pada kesehatan. Jadi jika ingin membakar maka benda/bahan yang harus dibakar harus dipilah-pilah.
5. Temperature Indikator dan Kontrol
Dalam proses pembakaran didalam incinerator, temperature harus dikontrol. Disetiap temperature sensor dipasang disetiap ruang bakar yang dihubungkan ke panel kontrol
6. Scrubber
Water Scrubber adalah peralatan pencegahan pencemaran udara dengan menggunakan water spray terhadap gas sebelum masuk ke cerobong asap (Stack/Chimney). Didalam water scrubber ini gas yang masih mengandung debu, jelaga, particulate dan padatan lainnya terjebak diair sehingga gas yang keluar aman terhadap lingkungan sekitar. Water scrubber memerlukan air dengan tekanan tertentu oleh pompa air. Sumber air harus tersedia dan cukup untuk digunakan. Air akan selalu berkurang karena menguap oleh gas yang panas.
Cerobong
Cerobong di design harus lebih tinggi dari bangunan sekitar atau sekitar 14 meter tingginya dari tanah tertinggi dari pemukiman.
Bahan cerobong terbuat dari besi atau stainless steel tergantung pesanan. cerobong dilengkapi dengan nozzele untuk pengambilan gas.
Bangunan Pelindung
Incinerator berikut sampah yang mau dibakar dan sesudah dibakar biasanya dilengkapi bangunan pelindung supaya tidak kehujanan juga tidak diganggun oleh binatang, bangunan pelindung dapat disediakan oleh pembeli atau dipesan kepada kami.
Perijinan
Sebelum memesan incinerator dari kami perlu dikonsultasikan dengan pihak terkait disekitar tempat incinerator dipasang juga dengan pihak pemberi ijin dari pemerintah atau kementrian terkait atau instansi lainnya untuk memperlancar pemasangan incinerator, sehingga incinerator dapat dipakai nantinya. Ijin-ijin dan sertifikat harus menjadi tanggung jawab pemesan/pembeli.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
PD. KARYA MITRA USAHA
E-Mail: adiltambunan1997@gmail.com
HP/WA: 0813 86087 4042
Jl. Ring Road Utara Ruko Taman Yasmin Sektor VI No. 134, Kota Bogor.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mesinpertanianbogor

Mesin Pulper Kopi Besi Bogor

Mesin Pengolahan Padi Termurah

Mesin Pengolahan Kopi

Mesin Pengolahan Kelapa 081360874042

Mesin Pengolahan Kakao/Coklat

Mesin Pengolahan Jagung

Mesin Pencuci Biji Kopi Bogor

Mesin Huller Kopi Bogor (Mesin Pengupas Kulit Ari Biji Kopi Kering) 081360874042

Mesin Giling Kopi/Mesin Pembubuk Kopi

jualalatdanmesin pertanianbogor murah

Jual Mesin Vertical Dryer Murah

Jual Mesin Sortasi Biji Kopi Dibogor

Jual Mesin Pulper Kopi Besi Roda Bogor

Jual Mesin Pengupas Sabut Kelapa Vertical

Jual Mesin Pengupas Kulit Tanduk Biji Kopi Kering (Huller Kopi Besi) Hp/Wa:081360874042

Jual Mesin Kopi Murah Bogor

Jual Mesin Huller Kopi Stainles Stell Di Bogor Hp.081360874042

Jual Mesin Box Dryer(Mesin Pengering Biji Kopi) Terlengkap Di Bogor

Daftar Harga Mesin Pengupas Kulit Kopi Kering

Daftar Harga Mesin Pengolahan Kelapa Terlengkap Di Bogor

Daftar Harga Mesin Pengolahan Gula Aren Terlengkap

Daftar Harga Mesin Pencacah Kompos Hp.081360874042

Daftar Harga Mesin Huller Kopi Besar dengan Motor Pengerak Diesel

Alat Olahraga Terlengkap Di Kota Bogor

Alat Dan Mesin Pengupas Kulit Biji Kopi(Mesin Pulper Kopi)

Alat Dan Mesin Pengupas Kulit Biji Kopi(Mesin Pulper Kopi)

Alat Dan Mesin Pengolahan Singkong

Alat dan Mesin Pengolahan Kedelai

Alat Dan Mesin Pengolahan Karet Hp 081360874042

Alat Dan Mesin Pengolahan Gula Aren

Alat Dan Mesin Pengolahan Bakso